
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS OSBORN PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) berbasis Osborn pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia untuk kelas XI SMA/MA sederajat. LKPD berbasis Osborn adalah LKPD yang dirancang sesuai dengan komponen model Osborn. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan.4-D. Objek penelitian ini adalah bahan ajar yaitu LKPD berbasis Osborn. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi dan angket respon pengguna, dan hasil analisis data diperoleh validitas pada aspek kelayakan isi, karakteristik Osborn, kebahasaan, sajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu sebesar 93,52%, 94,04%, 93,33%, 91,67% dan 89,58% dengan kategori valid. LKPD yang telah valid menurut validator diujikan kepada 20 orang peserta didik dan mendapatkan hasil respons dengan persentase sebesar 91,5 % dengan kriteria sangat baik, serta oleh dua orang guru dan mendapatkan hasil respons dengan persentase sebesar 93,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Osborn yang dihasilkan dinyatakan valid dan dapat digunakan pada mata pelajaran kimia SMA pada materi kesetimbangan. kimia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi, L., Holiwarni, B., Rasmiwetti, R. 2020. Penerapan model pembelajaran osborn untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan ph larutan garam di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 5(1): 23-32.
Diantari, M., Hasan, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas Xi IPA 1 SMAN 1 Indrapuri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(1): 22-31
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press. Yogyakarta.
Ramadhan, F. R., Azmi, J., Herdini, H. 2021. Penerapan model pembelajaran osborn untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(1): 45-53.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Sriana, Ibrahim, M. 2017. Pengembangan LKS Diskusi Berorientasi Model Brainstorming Untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2): 188- 195
Sudjana, (2001). Model Pembelajaran Osborn. Bandung: Tasito.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta. Bandung
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Prenadamedia Group. Jakarta.
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS . FMIPA UNESA. Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7789
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.