Cover Image

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS OSBORN PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA

La Lauma, Herdini Herdini, Asmadi M Noer

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) berbasis Osborn pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia untuk kelas XI SMA/MA sederajat. LKPD berbasis Osborn adalah LKPD yang dirancang sesuai dengan komponen model Osborn. Jenis penelitian ini adalah  penelitian pengembangan dengan model pengembangan.4-D. Objek penelitian ini adalah bahan ajar yaitu LKPD berbasis Osborn. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi dan angket respon pengguna, dan hasil analisis data diperoleh validitas pada aspek kelayakan isi, karakteristik Osborn, kebahasaan, sajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu sebesar  93,52%, 94,04%, 93,33%, 91,67% dan 89,58% dengan kategori valid. LKPD yang telah valid menurut validator diujikan kepada 20 orang peserta didik  dan mendapatkan hasil respons dengan persentase sebesar 91,5 % dengan kriteria sangat baik, serta oleh dua orang guru dan mendapatkan hasil  respons dengan persentase sebesar 93,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis  Osborn yang dihasilkan dinyatakan valid dan dapat digunakan pada mata pelajaran kimia SMA pada materi kesetimbangan. kimia.


Keywords


Chemical Equilibrium, Osborn model, Student Worksheet

Full Text:

PDF

References


Azmi, L., Holiwarni, B., Rasmiwetti, R. 2020. Penerapan model pembelajaran osborn untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan ph larutan garam di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 5(1): 23-32.

Diantari, M., Hasan, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas Xi IPA 1 SMAN 1 Indrapuri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(1): 22-31

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press. Yogyakarta.

Ramadhan, F. R., Azmi, J., Herdini, H. 2021. Penerapan model pembelajaran osborn untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(1): 45-53.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sriana, Ibrahim, M. 2017. Pengembangan LKS Diskusi Berorientasi Model Brainstorming Untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2): 188- 195

Sudjana, (2001). Model Pembelajaran Osborn. Bandung: Tasito.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta. Bandung

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Prenadamedia Group. Jakarta.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS . FMIPA UNESA. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.