Cover Image

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN PENYANGGA

Emmia Yulita Ginting, Betty Holiwarni, Erviyenni Erviyenni

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode pengembangan Research and Development dengan model pengembangan 4-D yang meliputi Define, Desain, Develop, Dissemminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develop yaitu pada bagian uji coba terbatas. Penelitian dilaksanakan di FKIP Universitas Riau. Objek penelitian adalah LKPD berbasis model pembelajaran CORE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif, yaitu dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Hasil validasi rata-rata kelayakan LKPD oleh 3 orang dosen sebagai tim validator ahli adalah 88,99% dengan kategori valid dan telah memenuhi aspek kelayakan isi, karakteristik Model Pembelajaran CORE pada materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Penyangga, bahasa, penyajian dan kegrafisan. Hasil penilaian uji coba terbatas LKPD oleh 2 orang guru sebagai validator pengguna dan 11 orang peserta didik sebagai pengguna diperoleh persentase sebesar 94.64% dan 86,85% yang berada pada kriteria positif.


Keywords


Student’s worksheets, CORE learning models, Equilibrium Ion and pH of Buffer Solution, CORE learning model

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djamarah, S.B., Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hartono, Murhayati, S., Helmiati, Promadi, Zulhidah, Akbarizan. 2012. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Zanava Publishing. Pekanbaru.

Hidayati, R.E. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis CORE (Connection, Organizing, Reflection, and Extending). Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya. FMIPA Kimia Universitas Negeri Malang. Malang, Hal. 661-671

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sa’adah, D., Masrukan, Kuniasih, A.W. 2017. Pengembangan perangkat ajar model CORE pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri kelas VIII. Jurnal edumath, 3 (1): 15-27

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta

Wahyuni, S., Rusdi, M., Huda, N. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Core (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Persamaan Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 1498-1511.

Widjajanti., E. 2008. Kualitas Lembar Kegiatan Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Widoyoko, E.P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.