Cover Image

INTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN NHT DALAM MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MEMOTIVASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Triani Triani, Jimmi Copriady, Rasmiwetti Rasmiwetti

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat perbedaan motivasi, hasil belajar dan melihat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam model problem based learning (PBL) untuk pokok bahasan asam-basa di SMAN 4 Pekanbaru. Populasi yang terlibat pada penelitian ini ialah semua peserta didik kelas XI MIA yang terdiri dari enam kelas. Analisis data penelitian digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengambilan dan penentuan sampel menggunakan metode randomized control group pretest-postest diperoleh tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1 untuk kelas eksperimen 1, kelas XI MIA 2 untuk kelas eksperimen 2 dan kelas XI MIA 4 untuk kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-annova membuktikan terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar dan  hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen  dan kelas kontrol. Di mana untuk motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibanding peserta didik pada kelas eksperimen 2 dan kontrol. Penentuan hubungan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan menggunakan uji korelasi person yang membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapkan strategi pembelajaran NHT dalam model pembelajaran PBL dengan kategori korelasi sedang.


Keywords


Learning outcomes, learning motivation, Numbered heads together, Problem based learning.

Full Text:

PDF

References


Budiyono, A., Husna, H., Wildani, A. 2020. Pengaruh penerapan model pbl terintegrasi steam terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Edusains, 12(2): 166-176.

Ibrahim, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. UNESA Press. Surabaya.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., Indriwati, S. E. 2013. Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan. 23(1): 33-47.

Lie. 2008. Cooperative Learning, Memperaktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo. Jakarta

Okmarisa, H., Darmana, A., Suyanti, R. D. 2016. Implementasi bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2): 130-135.

Palennari, M. 2017. Pengaruh pembelajaran integrasi problem based learning dan kooperatif Jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., Rubini, B. 2020. Problem based learning terintegrasi stem di era pandemi covid-19 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2): 193-204.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prenada Media. Jakarta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Median Group. Jakarta.

Waluyo. 1993. Belajar Efektif. Pioner Jaya. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.