Cover Image

VALIDITAS BAHAN AJAR KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS/SEDERAJAT

Herdini Herdini, Maria Erna, Restu Aminullah

Abstract


Bahan ajar kimia berbasis exe-learning pada materi ikatan kimia dirancang sesuai dengan standar kompetensi pada Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate). Penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan), karena tujuan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar kimia berbasis exe-learning pada materi ikatan kimia yang valid untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian validator.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media yang meliputi aspek perancangan, aspek pedagogik, aspek isi dan aspek kemudahan penggunaan  yang diberikan kepada 4  orang validator yakni, 1 orang ahli media dan 3 orang ahli materi serta angket tanggapan peserta didik dengan jumlah responden 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif, yaitu dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan diakhir kegiatan validasi memperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 89,14%  dengan kategori valid dan persentase tanggapan peserta didik sebesar 94,81% dengan kategori baik. Berdasarkan kriteria kelayakan analisis persentase dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia berbasis exe-learning pada materi ikatan kimia yang dikembangkan sudah valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran kimia kelas X Sekolah Menegah Atas (SMA)/derajat.

Keywords


Bahan ajar kimia berbasis TIK, Exe-learning, Ikatan kimia

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2008, Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Depdiknas, Jakarta

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia, Bandung

Lee, W W., dan Diana L Owen, 2004, Multimedia Based Intruktional Design, Pfeiffer, San Fransisco

Maria, E., Maria Lucia Pozzatti, Ana Marli dan Liane Margarida Rockenbach., 2011, GeoGebra and eXe Learning: applicability in the teaching of Physic and Mathematics, Journal Systemics, Cybernetics and Informatics., 9(2)

Nasir, Muhammad, 2014, Development and Evaluation of The Effectiveness of Computer-Assisted Physics Instruction, International Education Studies, 7 (13)

Priyambodo, E., 2010, Pemanfaatan Program Aplikasi Exe (ELEARNING XHTML EDITOR) dalam Penyusunan Media Pembelajaran di Sekolah, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Purnomo, W., 2007, Cara Cepat Membuat Bahan Ajar Berbasis Web, VEDC Seminar Nasional Menuju Sekolah Berbasis ICT, Malang

Rahayu, U., 2014, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul kontekstual Interaktif Berbasis Website Offline dengan penggunaan Program Exe-Learning V-1.04.0 untuk SMA Kelas XI Pokok Materi Fluida, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Riduwan, 2011, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung

Setyosari, P., 2010, Metode Penelitian Pendidikan dalam Pengembangan, Prenada Media Group, Jakarta

Sudjana, N., dan Ahmad Rivai, 2007, Media Pengajaran, Sinar Baru, Bandung

Tanrere, M., dan Sumiati Side, 2012, Pengembangan Media Chemo-Edutainment melalui Software Macromedia Flash MX pada Pembelajaran IPA Kimia SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(2).

Warjana dan Abdul Razaq, 2008, Membuat Bahan Ajar Berbasis Web dengan eXe, Elexmedia Komputindo, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.