Cover Image

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Yandriani Yandriani, Agustini Agustini

Abstract


Pembelajaran kimia yang pasif, monoton dan motivasi siswa rendah menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hasil ulangan harian siswa menunjukkan bahwa hanya beberapa siswa saja yang mencapai ketuntasan. Salah satu penyebabnya adalah guru masih menggunakan metode dan model konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan perbaikan proses pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numberred Head Together). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan  pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Ikatan Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada SMA N 1 Bantan kelas X pada tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar kimia siswa meningkat. Pada siklus I ketuntasan individu siswa sebanyak 16 (59,3%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 (40,7%). Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, ketuntasan individu meningkat menjadi 21 (77,7%) siswa yang tuntas dan sebanyak 6 (22,3%) siswa yang tidak tuntas, mengalami peningkatan 18,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa pada materi Ikatan Kimia.

Keywords


Aktivitas, hasil belajar, ikatan Kimia, kooperatif learning, NHT

Full Text:

PDF

References


Darsono, MA, 2002, Belajar dan Pembelajaran, IKIP Press, Semarang

Kadir A, 2008, Aktivitas dan Prestasi Belajar, http://www.ipotes.wordpress.com.

Kusuma E, Wijayati N, Wibowo LS, 2008, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Savi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1)

Lie, A, 2004, Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Grasindo, Jakarta

Muliyati, M., Rachmawaty R., Hala Y., dan Jumadi, O., 2007, Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Masamba, Journal of Biological Education, 1(1)

Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., dan Yushardi, 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving pada Pembelajaran Fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3).

Sudarmo, U., 2006, Kimia untuk SMA kelas X, Phibeta Aneka Gama, Ciracas Jakarta

Sudjana, N., 2002, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algasindo, Bandung

Wijayatia, N., Kusumawatia I, Kushandayani, T., 2008, Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.