Cover Image

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMKN KEHUTANAN PROVINSI RIAU PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN

Sri Rahmadani, Sri Wilda Albeta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa menggunakan pembelajaran berbasis proyek pada materi pemisahan campuran. Metode yang digunakan adalah Weak Experimental  One Group Pretest-Postest Design. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMKN Kehutanan Provinsi Riau. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif,  dengan cara menghitung persentase aspek keterampilan proses sains siswa (memprediksi, mengelompokkan, menerapkan konsep, berkomunikasi, observasi, merancang percobaan) yang berimplikasi pada peningkatan penguasaan konsep siswa. Aspek keterampilan proses sains siswa yang mengalami peningkatan tertinggi adalah aspek mengelompokkan sebesar 97%, dan terendah dicapai pada aspek menerapkan konsep sebesar 54% serta peningkatan penguasaan konsep pemisahan campuran sebesar 66,6% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada materi pemisahan campuran.

Keywords


Pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses sains, penguasaan konsep, materi pemisahan campuran.

Full Text:

PDF

References


Adami, G, 2006, A New Project-Based Lab for Undergraduate Enviromental and Analytical Chemistry, Journal of Chemistry Education, 83 (2)

Alman, 2010, Pedoman Workshop KTSP SMKN Pertanian Terpadu Negeri Provinsi Riau_KTSP SMKN, Departemen Pendidikan Nasional

Arifin, M., Sudja, W.A., Ismail, A.K., Mulyono. dan Wahyu, W, 2000, Strategi Belajar Mengajar Kimia, Pendidikan Kimia FPMIPA UPI, Bandung

Butter, L.R, 2009, Investigation of The Use of Cucumis Sativus for Remediation of Chromium from Contaminated Environmental Matrices. An Interdiciplinary Instrumental Analysis Project, Journal of Chemistry Education, 86 (9)

Frankel, J. P. dan Wallen N. E., 2008, How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw-Hill Companies

Morgil, I., 2008, “The Effect of Web-Based Project Applications on Students’ Attitudes Towards Chemistry’. Journal of Distance Education-TODJE Volume 9.

Purnamasari, E., 2011, Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan di SMK Sahid Surakarta, Thesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Maros, P.S., 2004, Class Project in Physical Organic Chemistry : The Hydrolysis of Aspirin, Journal of Chemistry Education, 81 (6)

Mascotti, D.P, dan Warner, M.J, 2010, Complementary Spectroscopic Assays for Investigating Protein-Ligand Binding Activity : A Project for The Advanced Chemistry laboratory. Journal of Chemistry Education, 87 (7)

Semiawan, C., Tangyong, A.F., Belen, S., Matahelemual, Y, 2003, Pendekatan Keterampilan Proses; Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar, PT. Gramedia, Jakarta

Sola dan Ojo, 2007, Effects of Project, Inquiry, and Lecture-Demonstration Teaching Methods on Senior Secondary Students’ Achievement in Separation of Mixtures Practical Test, Journal of Educational Research and Review vol.2 (6)

Trianto, 2010, Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara, Jakarta

Wena, M, 2009, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.