Cover Image

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA

Roza Novia Putri, Erviyenni Erviyenni, Betty Holiwarni

Abstract


Pengembangan modul kimia  berbasis POE pada materi sifat koligatif larutan bertujuan untuk memperoleh modul kimia yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, bahasa, kegrafikan, dan penyajian. Metode penelitian pengembangan modul kimia menggunakan model 4-D, terdiri atas empat tahapan yaitu tahap Define (pendefenisian), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan) dan tahap Desseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang validator bertujuan untuk menilai modul kimia yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor aspek kelayakan isi 97,01% ; aspek kelayakan bahasa  100 % ; aspek kelayakan kegrafikan  97,91 % ; dan aspek kelayakan penyajian 98,21 %. Jadi skor rata-rata validasi keseluruhan modul kimia  berbasis POE pada materi sifat koligatif larutan yaitu 96,7975 % dengan kategori sangat baik (sangat valid). Modul kimia yang telah valid kemudian diuji cobakan kepada responden. Responden uji coba terbatas terdiri atas 4 orang guru kimia dari SMA N 5  Pekanbaru dan SMA N 8  Pekanbaru serta 20 orang peserta didik dari SMA N 5  Pekanbaru dan SMA N 8 Pekanbaru. Analisis data tanggapan pengguna berdasarkan lembar guru dan peserta didik memperoleh skor  93,667%. dan 89,53%. Skor rata-rata validasi keseluruhan dan uji coba terbatas menyatakan Modul Kimia berbasis POE dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Modul, POE, Sifat Koligatif Larutan

Full Text:

PDF

References


Indrawati, 2009, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru, PPPTK IPA, Bandung.

Kearney, 2004, Classroom Use of Multimedia-Supported Predict-Observe-Explain Tasks in a Social Constructivist Learning Enviroment, Kluwer Academic Publishers, Research in Science Education Netherlands

Prastowo, A., 2014, Pengembangan Bahan Ajar Temati, DIVA Press Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Rahayu, 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran POE Berbantuan Media, Innovatif Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (1)

Riduan, 2012, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung

Tanti, A. dan Dodi., 2016, Pengembangan Modul Berbasis POE pada Materi Usaha dan Energi, Universitas Muhammadiyah Metro

Trianto, 2012, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta

Warsono, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Sains Berorientasi Predict, Observe and Explain, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3 (1)

Widyaningrum, 2013, Pengembangan Modul Berorientasi POE Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Bioedukasi, 6




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.