Cover Image

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA DI SMA NEGERI 3 BUKIT BATU

Agustini Agustini, Yandriani Yandriani

Abstract


Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Bukit Batu saat ini kurang memuaskan. Karena masih banyak masalah yang mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Pembelajaran kurang menarik minat siswa sehingga siswa mudah bosan dan kurang aktif; dan prestasi belajar siswa rendah. Peneliti memilih metode tutor teman sebaya dalam proses belajar agar dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Kimia. Metode tutor teman sebaya dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan diskusi kelompok guna menyelesaikan persoalan yang diberikan guru dan presentasi dari masing-masing kelompok  pada setiap pertemuan. Beberapa siswa pintar dipilih untuk menjadi tutor didsalam kelompoknya masing- masing. Dengan demikian pembelajaran Kimia tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru tetapi menyangkut kegiatan diskusi serta latihan soal di setiap pertemuan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukit Batu Tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 20 orang. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode tutor teman sebaya pada materi Redoks di kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yang diindikasikan dengan adanya peningkatan dalam ulangan harian siswa, kerjasama antar kelompok, dan rasa tanggung jawab terhadap tugas- tugas yang diberikan.

Keywords


tutor teman sebaya, prestasi belajar kimia, Redoks

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi Suhardjono dan Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta

Depdiknas, 2004, Rambu- Rambu Penetapan Standar Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Keuntasan Belajar. Depdiknas, Jakarta

Dimyati, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswin, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Nurpaidah, Siti., 2016,. Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Kimia (Oksidasi Reduksi) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone Melalui Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya, Jurnal Chemica, 17 (1).

Rukamtini, 2017, Pendekatan Cooperative Learning dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Siswa MAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2 (2).

Wiqoyati, Siti Nur., 2013, Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon Siswa SMAN 1 Kaliwungu dengan Metode ”TUBA ASYIK”, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.