Cover Image

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA POKOK BAHASAN SENYAWA TURUNAN ALKANA KELAS XII SMA/MA

Siti Rahmi Afwa, Abdullah Abdullah, Roza Linda

Abstract


Penelitian pengembangan modul senyawa turunan alkana berorientasi chemoentrepreneurship pada pokok bahasan senyawa turunan alkana  untuk kelas XII SMA/MA merupakan suatu inovasi pengembangan bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu life skill peserta didik. Penelitian ini dirancang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Plomp.  Secara garis besar, tahapan penelitian dengan menggunakan model Plomp meliputi fase investigasi awal; fase perancangan; fase realisasi/konstruksi, dan fase validasi, uji coba dan revisi, dan fase implementasi. Pengembangan modul berorientasi chemoentrepreneurship pada pokok bahasan Senyawa Turunan Alkana hanya dilakukan sampai fase validasi, uji coba dan revisi. Hasil analisis lembar valiadasi yang berupa penilaian dan saran oleh tim validator meliputi beberapa aspek  yaitu meliputi aspek self-instructional, aspek self-contained, aspek stand alone, aspek adaptive, aspek user friendly, aspek chemoentrepreneurship (CEP), aspek pedagogik dan aspek kegrafisan. Kuesienor respond pengguna meliputi guru dan peserta didik. Modul dinyatakan valid dengan skor keseluruhan validasi 92,77%. Skor respon pengguna yaitu guru dan peserta didik berturut turut adalah adalah 93,94% dan 93,33% dengan kriteria sangat baik.

Keywords


Modul, Chemoentrepreneurship (CEP), Senyawa Turunan Alkana, Model Pengembangan Plomp

Full Text:

PDF

References


Indrawati, 2009, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru, PPPTK IPA, Bandung.

Kearney, 2004, Classroom Use of Multimedia-Supported Predict-Observe-Explain Tasks in a Social Constructivist Learning Enviroment, Kluwer Academic Publishers, Research in Science Education Netherlands

Prastowo, A., 2014, Pengembangan Bahan Ajar Temati, DIVA Press Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Rahayu, 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran POE Berbantuan Media, Innovatif Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (1)

Riduan, 2012, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung

Tanti, A. dan Dodi., 2016, Pengembangan Modul Berbasis POE pada Materi Usaha dan Energi, Universitas Muhammadiyah Metro

Trianto, 2012, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta

Warsono, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Sains Berorientasi Predict, Observe and Explain, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3 (1)




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.