Cover Image

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN PENYANGGA

Karina Dilla Mustika, Elva Yasmi Amran, Betty Holiwarni

Abstract


The research is aimed to improve student learning achievement on the subject of equilibrium ion and pH buffer solution in class XI MIA SMAN 1 Pekanbaru. This type of research is an experimental study with a pretest-posttest design. The research was conducted at SMAN 1 Pekanbaru. The sample study was included class XI MIA 6 as an experimental class and class XI MIA 5 as a control class. The experimental class was applied the cooperative learning model FSLC. The data analysis technique used is the t-test. Based on the results of the data analysis test, tcount> ttable is 1.78> 1.67, meaning that the application of cooperative learning model FSLC can improve student learning achievement on the subject of equilibrium ion and pH buffer solution in class XI MIA of SMA Negeri 1 Pekanbaru.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif FSLC, Prestasi Belajar, Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Penyangga.

Full Text:

PDF

References


Afriningsih, R. Melisa, Hamdunah. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe FSLC terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTsN Gurun Panjang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal FKIP Matematika. 2(1): x-xx

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Irianto, A. 2003. Statistika Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta. Kencana.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. 1991. Cooperative learning: increasing college

faculty instructional productivity. Washington, DC: ASHE/ERIC Higher Education.

Juariah, Sari, R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal

Kreano. 5(2): 143-149

Kemendikbud. 2016. Bahan pelatihan Kurikulum 2013 tahun 2016. Jakarta : Kemendikbud. Komariya, N. Farida, Vahlia, I. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran FSLC Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Aksioma Jurnal

Pendidikan Matematika. 7(1); 96-102

Ledlow, S., 2001. Using Think-Pair-Share in the College Classroom. Arizona: Arizona State

University. www.hydroville.org/system/files/team_thinkpairshare.pdf (Akses tanggal 18

September 2019)

N.W. Oktavianti, I.W.P. Astawa, Sariyasa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 14(1):148-155

Pilihan, A.K., Anom, Edi. R. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Model Formulate, Share, Listen and Create (FSLC) di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Palembang. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya. 1(1); x-xx

Ruswana, A.M. 2019. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 7(1):91-99

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Sulistiana, I. Kartika, T. Fikri. 2017. Kemampuan Penalaran dan Komunikatif Matematis dengan Penerapan Model Pembelajaran FSLC (Formulate-Share-Listen-Create) pada Materi Aritmatika Sosial JP3. Jurnal Universitas Islam Malang 7(20); x-xx

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Mustika et al., 2021 JPK UNRI 6(1): x–xx

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual; Konsep, Landasan, Implementasi pada Kurikulum 2013. Prenadamedia Group. Jakarta

Williams, R., 2002. Cooperative Learning A Standard for High Achievement. America : Corwin

Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i1.7617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.