Cover Image

PENGEMBANGAN MODUL ASAM DAN BASA BERBASIS KONSTRUKTIVISME DI KELAS XI SMA

Esti Suryani Putri, Betty Holiwarni, Sri Haryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul asam dan basa berbasis konstruktivisme yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang memiliki empat tahap yaitu, define, design, develop dan disseminate, tetapi penelitian hanya sampai pada tahap Develop. Untuk menghasilkan modul yang valid diakukan uji validitas modul yang meliputi empat aspek penilaian, yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafisan. Untuk melihat kepraktisan modul dilakukan uji terbatas di SMAN 4 Pekanbaru dan SMAN 6 Pekanbaru. Hasil validasi oleh tiga validator menyatakan modul asam dan basa berbasis konstruktivisme valid dengan persentase rata-rata sebesar 91,8%. Hasil angket uji terbatas 30 orang peserta didik adalah 97% dan hasil respons dari dua orang guru kimia adalah 90,62%. Berdasarkan hasil validasi dan uji terbatas, modul asam dan basa berbasis konstruktivisme dinyatakan valid dan praktis.

Keywords


Modul, Konstruktivisme, Asam dan Basa

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Sukaryawan, M., Mujamil. J. 2019. Pengembangan modul laju reaksi berbasis konstruktivisme lima fase Needham. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan kimia. 6(1); 18-24.

Prastowo, A. 2012. Memahami Metode –Metode Penelitian. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktoral Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Depdiknas. 2013. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Devia, Y., Rery, R.U., Noer, A.M., Oktafianus. 2020. Pengembangan lembar kegiatan peserta didik hidrolisis garam berbasis hierarki konsep. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 5(1): 16-22.

Marsri, R., Ibrahim, A.R., Desi. 2015. Pengembangan modul perhitungan kimia berbasis konstruktivisme di kelas x sma negeri 1 tanjung batu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2): 134-143.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Citra Umbara. Jakarta.

Utami, B.T., Sukaryawan, M., Mujamil. J. 2018. Pengembangan modul kesetibambangan kimia berbasis konstruktivisme lima fase Needham. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Kimia. 5(2): 114-125.

Yamasari, Y.2010. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. FMIPA UNESA. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i1.7393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.