Cover Image

PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KOLOID

Nensia Viorita, Betty Holliwarni, Erviyenni Erviyenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul terintegrasi pendidikan karakter pada materi koloid. Penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang memiliki 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap Develop. Validitas modul dinilai dengan 4 aspek, yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafisan. Untuk melihat kepraktisan modul dilakukan uji terbatas di dua sekolah, yaitu SMAN 5 Pekanbaru dan MA Darel Hikmah Pekanbaru. Hasil penilaian yang dilakukan oleh 3 validator menyatakan bahwa modul valid dengan persentase rata-rata sebesar 91,59%. Hasil angket terbatas pada 30 orang peserta didik adalah 97,17% dan hasil respons dari 2 orang guru kimia adalah 95,83%. Berdasarkan hasil validasi dan uji terbatas, modul terintegrasi pendidikan karakter pada materi koloid dinyatakan valid dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Amrullah, A., Hadisaputo, S., dan Supardi, K.I. 2017. Pengembangan Modul CHEMIRELIGIOUSA Terintegrasi Pendidikan Karakter Bervisi SETS, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11(1):1872-1883.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Gava Media. Yogyakarta.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta

Depdiknas. 2018. Penyusunan Modul, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Jakarta

Ismawati, M., Tegeh, I.M., dan Jampel, I.N. 2018. Pengembangan modul berorientasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ips siswa kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. 9(2):291-300.

Jalil, A. 2012. Karakter pendidikan untuk membentuk pendidikan karakter. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam. 6(2):175-192.

Mastur. 2017. Implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 4(1):50-64.

Niswa, A. 2012. Pengembangan bahan ajar mendengarkan berbasis video interaktif bermedia flash kelas VII SMPN 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1): 1-18

Subekti, T., Alawiyah, E.M.L., dan Sumarlam. 2016. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Bermuatan Nilai Karakter Kebangsaan bagi Mahasiswa PGSD. Profesi Pendidikan Dasar. 3(2):92-101.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i2.7162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.