Cover Image

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HOREY DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Erin Junita, Rosa Murwindra, Asregi Asril

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horey (CRH) dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Hulu Kuantan. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling berjumlah 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan uji Nonparametrik Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,004 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horey dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Sehingga dapat diselidiki lebih lanjut perbedaan hasil belajar dengan memacu pada rerata nilai posttest. Hasil belajar kelas yang menggunakan metode CRH lebih tinggi daripada metode mind mapping.

 


Keywords


Komparasi, Course Review Horey, Mind Mapping, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, D, Mulyani dan Susanti, E. 2014. Pengaruh metode pembelajaran mind

mapping dan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kimia pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia pada siswa kelas X Semester Gasal di SMANegeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(3): 1-

Azhar, A. 2007. Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta:

Buzan, T. 2009. Buku Pintar Mind Mapping. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Hamdani. 2011. Strategi belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia. Bandung

Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pustaka Belajar.

Yogyakarta.

Huda, M. (2011). Cooperative learning (Vol. 113). Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Kharismawan, B., dan Haryani, S. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Course Review

Horay Berbasis Problem Posing Terhadap Hasil Belajar.Chemistry in

Education. 4(1): 31-38

Petrianis, P., Erna, M. E., & Amran, E.Y.A.Y. 2015. Penerapan model pembelajaran

kooperatif course review horay untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada

pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Online

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 2(2): 1-9.

Saud, U.S dan Makmun, A.S. 2009. Perencanaan Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia. Siduarjo

Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &

D). Alfabeta. Bandung

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Yogyakarta

Priyatno, D. (2012). Cara kilat belajar analisis data dengan SPSS 20. Andi Offset.

Yogyakarta

Sulistyowati, D. (2012). Pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap prestasi

dan kreativitas belajar kimia siswa kelas XI SMAN 2 Malang. SKRIPSI Jurusan

Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Malang. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i2.6379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.